Tentang Program

Sistem Pembelajaran

Kursus ini sepenuhnya dijalankan melalui sistem online. Interaksi akan banyak menggunakan aplikasi WhatsApp, email dan website. Pengelola menyediakan diktat untuk panduan belajar. Pengelola juga menyediakan sarana-sarana belajar yang lain seperti audio, video dan lain-lain. Peserta yang ingin bergabung dalam kursus ini diwajibkan mendaftar dengan mengisi formulir yang di sediakan.Setelah itu peserta wajib mengikuti plesmen tes untuk menentukan levelisasi peserta. Selanjutnya peserta akan dikelompokkan dalam satu group WhatsApp dan dalam setiap satu group akan di koordinir oleh dua orang musyrif.

Penjelasan Program

Program ini dibagi menjadi dua tingkat yaitu:

  1. Tingkat dasar
    • Dasar 1
    • Dasar 2
  2. Tingkat lanjutan
    • Lanjutan 1
    • Lanjutan 2
    • Lanjutan 3

Program tingkat dasar akan dimulai dari kemampuan yang sangat dasar yang menjadi syarat mutlak bagi siapa saja yang akan belajar Bahasa Arab. Yaitu kemampuan membaca dan kemampuan menulis. Tingkat dasar satu fokus untuk kemampuan membaca dan tingkat dasar dua fokus untuk kemampuan menulis. Bagi peserta yang telah memiliki kemampuan dasar satu atau kemampuan dasar dua, akan ditempatkan di kelas sesuai dengan kemampuan masing-masing. Oleh karena itu akan ada pre test untuk menentukan levelisasi.

Paket Dasar Satu ditempuh dalam 2 pekan. Akan ada ujian di akhir pekan ke dua. Peserta yang tidak lulus dalam ujian pertama diberi kesempatan untuk ujian her hingga dua kali. Setelah ujian her 2 kali masih tidak lulus, maka peserta dinyatakan tidak lulus program. Peserta yang tidak lulus program diperkenankan untuk memdaftar kembali di program yang sama.

Paket Dasar Dua ditempuh dalam tiga pekan. Akan ada ujian di akhir pekan ke tiga. Selanjutnya ketentuan kelulusan sama dengan ketentuan Paket Dasar Satu.

Kursus Paket Dasar Satu hanya ditempuh dalam dua pekan dan Paket Dasar Dua hanya ditempuh dalam tiga pekan. Ini bisa jadi akan berat buat sebagian kaum muslimin mengingat banyak orang yang belajar membaca Al-Qur’an hingga berbulan-bulan dan bahkan ada yang sampai tahunan baru bisa. Tapi metode yang kami buat telah kami uji coba dan kami praktekkan. Dengan metode ini kami bisa mengajarkan membaca Al-Qur’an ( baca “arab” ) dari nol (tidak tahu huruf sama sekali), hanya dalam 4 (empat) jam saja bisa baca.

Namun karena ini adalah kursus jarak jauh maka kami berikan waktu yang cukup longgar yaitu dua pekan. Dalam dua pekan insyaa Allah kaum muslimin sudah bisa membaca Bahasa Arab.